Lurah Karangawen Girisubo Optimis Lolos Verifikasi Rintisan Kalurahan Budaya Kabupaten Gunungkidul

Share Berita Warta Jogja disini

GUNUNGKIDUL  || WARTA-JOGJA.COM – Sebanyak 28 Kalurahan di Gunungkidul ikut kompetisi ajang potensi rintisan Kalurahan budaya yang digelar oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul pada tahun 2024. Salah satunya Kalurahan yang mengikuti Verifikasi Rintisan Kalurahan Budaya pada hari ini Kamis (13/06/2024) adalah Kalurahan Karangawen, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Lurah Karangawen Erman Susilo didepan awak media menyampaikan sangat antusias mengikuti kompetisi ajang potensi rintisan Kalurahan budaya. Ia mengucapkan terimakasih atas kehadiran dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul  beserta tim verifikasi sejak tadi pukul 10:30 WIB secara seksama menilai dan mencocokan data portofolio dari potensi seni dan budaya yang kami sajikan hari sampai selesai.

“Kita sangat optimis akan lolos verifikasi karena moment hari ini sebagai pembuktian bahwa masyarakat Kalurahan Karangawen masih melestarikan seni budaya dari nenek moyang, masih terjaga keasliannya serta bisa menujukan didepan tim verifikasi,” jelasnya.

Terkait persiapan tentunya sudah jauh hari bahkan sudah satu tahun ini kita mempersiapkanya, dikarenakan kita sangat optimis dengan persiapan yang matang pastinya akan bisa lolos.

“Berbagai kesenian lokal dari kesenian lokal gedruk, Gejok lesung, toklek reog, tari-tarian, karawitan dan Wayang serta kuliner tradisional dan jajanan tradisional, sampai jamu tradisional pun kita tampilkan , Bismillah dan yakin semuanya mendapatkan nilai plus,” ungkapnya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa ia meyakini dengan apa yang kita persiapkan adanya dukungan dari warga masyarakat dan kerjasama semua unsur yang ada di Kalurahan akan lolos, bisa kita saksikan bersama di lapangan tadi bahwa Karangawen itu benar-benar sudah mempersiapkan jauh-jauh hari.

“Saya sangat meyakini tim penilai verifikasi lapangan itu akan memberikan nilai yang layak buat Kalurahan Karangawen sehingga Karangawen akan lulus atau lolos menjadi Kelurahan Rintisan budaya ,selanjutnya kita akan kejar target supaya naik tataran atau naik tingkat lagi setelah desa budaya, Kelurahan budaya dan terakhirnya kita bisa menjadi Kalurahan mandiri budaya ini harapan kami agar tentunya ketika kita nanti bisa menjadi Kelurahan Mandiri budaya tentunya kita akan mendapatkan manfaat besar dari status yang kita dapatkan karena kami juga mendapatkan Dais dana keistimewaan untuk membangun Kelurahan Karawang jadi lebih maju. Mohon do’a restunya kepada semua pihak, kita optimis Karangawen bisa mewujudkan itu,Aamin,” imbuhnya.

Hadir dalam acara verifikasi Rintisan Kalurahan Budaya adalah Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul  Chairul Agus Mantara, S.I.P., MM., Panewu Girisubo, Forkompinkap, jajaran pemerintah kalurahan Karangawen, Bamuskal, tokoh masyarakat Karangawen, dan pelaku seni dan budaya Karangawen.

Acara berjalan dengan lancar berlangsung di pendopo Kalurahan Karangawen  dan di lapangan yang terletak didepan pendopo sampai pukul 13.00 WIB.

(Red/Mawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *