Tim Verifikasi Rintisan Kalurahan Budaya Kabupaten Gunungkidul, Melakukan Verifikasi di Kalurahan Pucung Girisubo

Share Berita Warta Jogja disini

GIRISUB0 || WARTA-JOGJA.COM – Tim Verifikasi Rintisan Kalurahan Budaya Kabupaten Gunungkidul Tahun 2024 dari Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Chairul Agus Mantara, S.I.P., MM., melakukan penilaian rintisan Kalurahan Budaya di Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (13/06/2024).

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul Chairul Agus Mantara, S.I.P., MM., didepan awak media menyampaikan kehadiran kami disini dalam rangka harmonisasi data. Kemarin Pemerintah Kalurahan Pucung sudah mengumpulkan portofolio kepada tim kemudian oleh tim dianggap layak untuk dikunjungi hari ini kita mengunjungi Kalurahan Pucung guna mencocokan data yang dikirim dengan realnya apakah data yang dikirim kemarin itu sesuai dengan kenyataan atau tidak.

“Ahamdulillah sepertinya ada banyak kecocokan yang disampaikan oleh warga masyarakat Pucung, terutama dari sisi dokumentasi sudah sesuai. Harapan kita tentu kalau kami berkeinginan bahwa nanti yang saya kunjungi ini datanya sesuai kemudian kelurahan ini bisa naik kelas dari Kalurahan Kantong menjadi Kalurahan rintisan budaya,” jelasnya.

Lurah Pucung Esti Dwiyono mengakatan rasa puji syukur kepada Allah hari ini telah dilaksanakan verifikasi untuk kami Kelurahan Rintisan budaya di kabupaten Gunungkidul tahun 2024 ini sudah berjalan lancar.

“Secara umum sebenarnya tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan karena hal ini terkait seni tradisi kebudayaan itu sudah melekat dan lestari di dalam kehidupan kita termasuk seni-seni pertunjukan yang hari ini sering kita tampilkan di berbagai event termasuk di kegiatan rasulan atau bersih desa.

“Sehingga ini bukan menjadi hal yang baru dan membutuhkan persiapan khusus hanya saja khusus untuk persiapan verifikasi ini kemarin justru yang kita persiapkan adalah terkait dengan data portofolio administrasi dan sebagainya.Harapannya tentu nanti kita bisa memperoleh nilai maksimal artinya semoga kami bisa menjadi salah satu kaluran yang naik kelas dari kantong budaya menjadi Kelurahan Rintisan budaya dengan naik kelas tersebut kemudian segenap potensi seni kebudayaan yang ada di Kelurahan Pucung ini bisa semakin kita maksimalkan seperti itu,” katanya.

Hal senada disampaikan Carik Eko Sujarno moment hari ini Kalurahan Pucung memberikan yang terbaik penyajian seni dan budaya dari berbagai Dusun ada penampilan hadroh, terbangan, rebana, tarian reog, ada tarian anak-anak juga ada beberapa stand kuliner khas yang mensajikan kuliner lokal, produk jamu tradisional.

(Red/Mawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *