Kirab Budaya Tradisi Rasulan Grogol Bejiharjo Karangmojo Terselenggara Dengan Meriah 

Share Berita Warta Jogja disini

GUNUNGKIDUL || WARTA-JOGJA.COM  Tradisi dari nenek moyang berupa rasulan ( bersih desa ) masih terus dilestarikan oleh masyarakat Kalurahan Grogol, Kapanewon Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Pada hari Rabu (26/06/2024) enam Padukuhan (Grogol 1, Grogol 2, Grogol 3, Grogol 4, Grogol 5 dan Grogol 6 ) secara serentak melangsungkan kirab budaya dengan meriah.

Serangkaian acara sudah tersusun rapi oleh panitia dari enam (6) Padukuhan se-Kalurahan Bejiharjo dari pelaksanaan gotong royong kerja bakti membersihkan lingkungan, sesuai arti dari Rasulan itu sendiri, yaitu Bersih desa.

Karena moment rasulan terselenggara setiap satu tahun sekali masyarakat sangat antusias sehingga penitia mengemas rasulan kali ini lebih meriah sehingga mempersiapkan berbagai acara dari lomba kesenian tari, kesenian campursari, olah raga seperti pertandingan bola voli yang pesertanya semua dari masyarakat Grogol satu hingga Grogol enam.

Menurut keterangan warga setempat didepan awak media mengatakan, rasul tahun ini juga diadakan pengajian akbar, dengan mengusung bertema Grogol bersolawat, diselenggarakan pada hari Senin tanggal 23 Juni 2026 kemarin, dipimpin KH Abdul Hamid Daldiri atau yang dikenal dengan Gus Mamik.

“Puncak acara jatuh pada hari ini Rabu (26/06/2024) pada siang ini dimeriahkan pawai budaya, kemudian sore nanti final pertandingan voli,” jelasnya.

Panasnya terik matahari tidak mengurangi semangat masyarakat dalam mengikuti kirab budaya.Setelah selesai upacara pelepasan peserta kirab di lapangan Grogol 2 (dua) yang dipimpin Lurah Bejiharjo Bpk Sigit Wibowo Nugroho, maka arak arakan pelaku seni budaya pun perlahan mulai bergerak meninggalkan lapangan. Dari seni tari, reog, gejok lesung, toklek, dan masih banyak lagi seni tradisional yang dimiliki masyarkat Grogol Bejiharjo. Sebagai barisan terdepan di tempatkan kesenian bergodo dari Grogol 1 yang kemudian disusul dengan kelompok kesenian lainnya.

Disepanjang jalan yang di lalui nampak tumpah ruah antusias masyarakat untuk menyaksikan meriahnya kirab budaya tahun ini. Selain dari aparat Kepolisian Polsek Karangmojo, tidak ketinggalan RSB ( Radio sedulur Bejiharjo) ikut serta turun jalan untuk menjaga keamanan jalanya kelancaran kirap sampai di gedung serbaguna.

Moment sakral tujuan akhir yang ditunggu-tunggu masyarakat diadakan upacara Rasul, mereka bersama- sama memanjatkan do’a sebagai ucapan syukur kepada Tuhan atas segala berkah dan kesehatan dan kemakmuran hidup masyarakat Grogol, baik para petani, pedagang, karyawan ataupun profesi lainnya. Tak cukup dengan kegiatan kirap sebagai puncak kegiatan, malamnya warga Grogol masih menggelar budaya wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Kuat.

( red / jay ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *