Program Padat Karya Infrastruktur Kabupaten Bantul 300 Lokasi Serap 8.000 Tenaga Kerja

Share Berita Warta Jogja disini

BANTUL – D.I.YOGYAKARTA || WARTA-JOGJA.COM – Pekerjaan fisik sarana dan prasarana program padat karya infrastruktur di 300 lokasi di Kabupaten Bantul yang bersumber dari anggaran bantuan keuangan khusus (BKK) DIY 2024 telah dimulai serentak pada 12 Juni 2024 dan sesuai jadwal akan berakhir pada 6 Juli 2024 itu artinya pihak perencanaan memberikan waktu selama 21 hari kerja.

Pantauan awak media di lapangan untuk progres sampai dengan hari ini rata-rata pengerjaan sudah di atas 50% dari target bahkan sudah ada yang mencapai 75% untuk jenis pengerjaan tertentu.Rabu,26 Juni 2024.

Rumiyati,SH .MHum,. Selaku Kepala Bidang PTKPKT (Penempatan Tenaga Kerja Dan Perluasan Kerja Dan Transmigrasi) Disnakertrans Kabupaten Bantul menjelaskan bahwa pekerjaan berupa pembangunan corblok jalan, talud, saluran drainase dan sarana di lingkup perdesaan lainnya. Setiap kelompok padat karya juga sudah dibagikan gambar kerja oleh Disnakertrans Bantul yang harus dipedomani dan dipenuhi target volume nya.

Padat karya tersebut, yang anggaran tiap lokasi sebesar Rp100 juta ada sebanyak 276 lokasi, sementara yang anggaran Rp200 juta ada di sebanyak 24 lokasi.

Dia mengatakan, setiap lokasi padat karya melibatkan tenaga kerja sebanyak 26 orang terdiri ketua, tukang dan pekerja untuk yang mekanisme anggaran Rp100 juta, sementara padat karya dengan anggaran Rp200 juta per kelompok melibatkan sebanyak 52 orang.

Dengan demikian, total serapan tenaga kerja di sebanyak 300 lokasi padat karya lebih dari 8.000 orang, dengan rincian sebanyak 7.176 orang pada padat karya mekanisme Rp100 juta di 276 lokasi, kemudian 1.248 orang dari padat karya mekanisme Rp200 juta di 24 lokasi.

lebih lanjut Rumi menjelaskan bahwa para pekerja yang dilibatkan dalam program padat karya semua diikutsertakan dalam jaminan pada Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Ketenagakerjaan sebagai antisipasi apabila terjadi kecelakaan kerja ketika melakukan pekerjaan fisik dalam program padat karya ini.

(red / mawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *