Poktan Sidoharjo Tepus Panen Raya Bawang Merah

Poktan Sidoharjo Tepus Panen Raya Bawang Merah
Share Berita Warta Jogja disini

TEPUS (GUNUNGKIDUL) || WARTA-JOGJA.COM – Kelompok petani Kalurahan Sidoharjo, yang terdiri dari 11 kelompok, sangat antusias menjalankan program pemerintah penanaman bawah merah yang bersumber dari dana Keistimewaan. Pada hari ini Selasa,  (09/07/2024), sedang melakukan panen raya bawang merah.

Menurut Sunu salah satu kelompok tani dari Padukuhan Pule Ireng menjelaskan awal melakukan penanaman bawang merah kita memakai sistem tanam barisan 20×20 perbedeng 5 baris. Jenis pupuk yang kita pakai adalah pupuk kandang disempurnakan dengan pupuk pabrik (NPK) supaya panennya maksimal.

Setelah kita mendapatkan bibit bawang merah langsung action, tapi jauh hari kita sudah mempersiapkan lahannya kita olah setelah itu siap tanam dan kini kelompok tani sudah menikmati hasil dengan sistem tersebut pada gelombang pertama.

“Alhamdulillah panen kita saat ini berlimpah, setelah panen raya berikutnya kelompok kita tetap sepakat masih menanam bawang merah lagi dikarena pada gelombang ini selain puas dengan hasill tersebut, disisi lain kita juga sudah ada bekal yaitu ilmunya,” jelas Sunu.

Ditempat terpisah awak media bertatap muka langsung dengan kelompok tani yang berada di Padukuhan Pulengelo, sebagai narasumber Wartomo, ia menyampaikan bahwa kelompok tani disini sudah melakukan penanaman bawang merah pada hari ini melakukan panen raya yang berlimpah.

“Kelompok kita melakukan kerja tim dalam melakukan proses pengolahan tanah, penanaman sampai panen sehingga hasilnya sangat membanggakan. Langkah kedepanya kita sudah mempersiapkan semuanya supaya panennya lebih baik dan berkualitas,” jelasnya.

(Red/Mawan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *