Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"
 

BAND CAKRUX JOGJA KEMBALI MEWARNAI DUNIA MUSIK,TETAP TAMPIL GENRE PUNK MINIMALIS BERTAJUK RAMADHAN

WARTA-JOGJA.COM | Yogyakarta – Band Cakrux asal Yogyakarta akan mewarnai kota Jogja dan sekitarnya dengan Genre Punk minimalisnya.
Sebelumnya Cakrux telah meluncurkan single pertama berjudul “Kredit Motor” dan beberapa single dalam bentuk video yang terangkum dalam satu mini album via YouTube.

Menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H Band Cakrux akan beraksi dengan semi religi bertajuk ‘Marhaban ya Ramadhan’.
Seperti didalam penjelasan sang vocal/gitaris Trio Putro Sehat, dijelaskan dibulan puasa,Band Cakrux akan tampil beda sebagai upaya menghilang persepsi buruk tentang Punk yang tidak bersosial.

“Musik punk pada dasarnya merupakan peleburan dari berbagai macam dua jenis musik yaitu rock ’n’ roll dan garage rock. Ini dapat dilihat dari karakter dua musik tesebut yang banyak memiliki kesamaan, seperti durasi lagu yang cepat dan irama yang cepat,maka di momen Ramadhan ini, kami akan menceritakan pengalaman saat berpuasa,” jelasnya, Sabtu (18/03/2023).

Lagu ‘Marhaban ya Ramadhan’ megisahkan mengenai seseorang yang berpura-pura puasa karena tuntutan sosial.Band Bergenre Punk ini kerap menceritakan kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat, seperti kehidupan bertetangga,tentang keluhan ekonomi,tentang kehidupan remaja, seperti kisah percintaan, persahabatan, dan isu-isu sosial, yang disampaikan melalui lirik lagunya, sehingga berkaitan erat dengan kehidupan para remaja.
Musik ini sangat digemari oleh kebanyakan dari kalangan anak muda, karena band genre pop punk.

Band yang beranggotakan trio Putro Sehat (gitar/vokal), Heri Bertus (bass/vokal) dan Edo (dram/dilarang vokal) dari segi musik yang khas, Cakrux tidak menawarkan kebaruan, malah terkesan minimalis dengan penggunaan gitar empat senar dan bass dua senar. Perpaduan punk tiga chord, sedikit bumbu Motorhead dan lirik lugas serta sederhana yang mudah dicerna tanpa menghilangkan esensi makna-nya menjadi nilai plus Cakrux.
Secara musikal single ini, Cakrux masih bertahan pada konsep bermusik minimalis dan simple dengan gitar yang hanya memakai 4 senar dan bas hanya 2 senar. Tak ada unsur kebaruan yang mereka tawarkan. Kunci gitar 3 chord antiribet dan ketukan drum nyerempet Motorhead masih jadi andalan, tentu dengan sound khas efek gitar buatan Putro Sehat, Sehat Effector.

“Iya memang kami sangat minimalis tetap bergenre Punk mensajikan lagu yang berkisah kehidupan sosial,apa adanya sesuai realita, termasuk kisah pura -pura puasa ,waktu pagi hari ikut sahur, siang ke warung, ikut buka bersama, kita semua pernah mengalaminya. Bahwasanya, kita sebagai manusia memang tak sempurna, namun kita semua sedang bersama-sama berproses untuk menjadi baik, tak ada yang berhak menghakimi,” jelas Putro.

Band ini memang taat mengusung lagu dengan tema seputar kehidupan rumah tangga, keluarga, mengurus anak, kehidupan bermasyarakat di kampung, pekerjaan serta lilitan ekonomi, termasuk berpura-pura puasa ini.

“Pagi ikut sahur, siang ke warung, ikut buka bersama, kita semua pernah mengalaminya. Bahwasanya, kita sebagai manusia memang tak sempurna, namun kita semua sedang bersama-sama berproses untuk menjadi baik, tak ada yang berhak menghakimi,” jelas Putro mengenai tema lirik ‘Marhaban Ya Ramadhan’.

Harapan kami dibulan puasa Ramadhan bisa memberikan warnai dunia musik tanah air ,kami resmi beredar di kanal digital stores (Spotify, TikTok, iTunes, Apple Music dll) mulai 10 Februari 2023 via DoggyHouse Records dan follow Instagram kami @cakrux_punk .

(Red/mawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *