Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"

Kakanwil Kemenag DIY, Ajak Tokoh Agama Bumikan Moderasi Beragama

WARTA JOGJA | JOGJA – Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf (Penaiszawa)
tahun ini menggelar pembinaan tokoh agama Islam DIY angkatan II. ” Kita menghelat pembinaan tokoh agama dengan mengajak bersama-sama merajut persatuan dan mengedepankan sikap moderasi beragama. Kegiatan pembinaan itu diikuti oleh 56 peserta unsur Tokoh Agama perwakilan dari berbagai Lembaga Keagamaan Islam se-DIY. Terang ketua panitia yang juga Kasi Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah dan Hari Besar Islam Penaiszawa, Aminuddin, M.Si Kamis, 17/6/2021 di hotel Sahid Raya Jl. Babarsari DIY .

Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan yang membuka kegiatan pembinaan dan sekaligus narasumber itu menyampaikan kebijakan pemerintah, “Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang akrap disapa Gus Men memiliki program prioritas, yakni pertama, terkait dengan moderasi beragama dari rencana pembangunan rencanga jangka menengah nasional yang dinahkodai oleh kemenag. Hal ini didasari oleh Islam yang rahmatan lil ‘alamin.” ungkapnya

Selain itu, “Kedua, Revitalisasi Layanan KUA, yakni KUA tidak hanya melayani masalah pernikahan saja, tapi juga melayani keagamaan. Bulan Mei lalu, KUA kapanewon Sewon mewakili Kemenag DIY sebagai role model bersama 5 KUA lainnya di Indonesia. Ketiga, KMA (Keputusan Menteri Agama) Nomor 660 Tahun 2021 yakni tentang menyangkut keselamatan jiwa disaat pandemi Covid-19 dan sudah ada berita resminya. Tapi, yang beredar dimasyarakat itu isu-isu miring terkait pembatalan haji.”

“Untuk itu, jangan sampai terbangun opini tidak benar dan berita hoax di masyarakat, saya berharap peran penyuluh sebagai garda depan Kementrian agama dan tokoh agama Islam DIY dapat mendidik umat dengan bahasa agama yang adem dan damai.” harapnya.

Salah satu peserta yang juga penyuluh teladan tingkat DIY dari KUA Sewon Bantul, Rustam Nawawi, mengatakan, “Kita merasa Bersyukur dapat menambah wawasan pengetahuan dari kegiatan pembinaan yang diselenggarakan oleh Penaiszawa Kanwil Kemenag DIY tersebut. Selain itu juga, Kita siap memassifkan nilai-nilai luhur kepada masyarakat dari program Moderasi Bergama berupa sikap tawassuth, toleransi, dan arif bijaksana dalam bingkai kebinekaan kehidupan ketatanegaraan dan kita membatu media info layanan KUA Sewon.” terangnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabid Penaiszawa Drs. H. Sigit Warsito, M.A, yang dalam sambutannya mengajak peserta untuk saling mengenal dan silaturrahmi, sedangkan narasumber selain Kakanwil Kemenag DIY terdapat juga Mayor ARM, Ronang Sasiarto dengan tema merajut persatuan dan kesatuan NKRI dan AKBP Edy Thomas Saragi memaparkan tentang paparan peran POLRI dalam menanggulangi paham radikalisme.
WJ ( Rus )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *