Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"
 

Kebakaran Hebat di Pabrik Penyulingan Kayu Putih Gading Playen, Kerugian Capai Puluhan Juta

PLAYEN  – GUNUNGKIDUL || WARTA-JOGJA.COM Kobaran api melahap bangunan Pabrik Penyulingan Kayu Putih yang berlokasi di wilayah Kalurahan Gading, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul diduga berasal dari limbah kayu yang belum padam apinya, Senin (03/26/2024).

Kronologi kejadian kebakaran hebat tersebut disampaikan oleh Rahmad Riyadi selaku Ketua Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, pada saat itu, adanya seorang petugas yang melihat api telah berkobar di area penyulingan. Petugas segera menghubungi petugas pemadam kebakaran, tak lama setelah itu, petugas gabungan Damkar dan BPBD segera mendatangi lokasi kejadian guna untuk memadamkan api.

” Kejadian kebakaran pada pukul 03.45 WIB, terlihat api kian membesar dan sulit dipadamkan, kemudian petugas meminta bantuan kepada dua regu Damkar dan BPBD Kabupaten Bantul, guna untuk membantu proses pemadaman api tersebut,” Tutur Ahmad Riyadi.

Setelah mendapat laporan sebanyak 5 mobil pemadam, 3 truk tanki air, dan juga 2 alat berat ekskavator diterjunkan untuk memadamkan api.Sesampainya di lokasi petugas berusaha memadamkan kobaran api yang kian menghebat.Jumlah material di lokasi yang begitu banyak, serta adanya bahan minyak kayu putih, menyebabkan api cepat menyebar.

Pasca kejadian kebakaran tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun pihak pabrik mengalami kerugian diperkirakan mencapai puluhan jutaan rupiah

“Dugaan sementara, kebakaran berasal dari limbah kayu yang belum sepenuhnya padam, sehingga menyebabkan api tersebut menyambar bahan kayu yang letaknya tidak jauh dari titik api,” imbuhnya.

(Red/Jay).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *