Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"
 

Lakon “SENGKALA ” Ditampilkan Dengan Apik Oleh Kelompok Teater Mlati di Festival Budaya Kapanewon Mlati

WARTAJOGJA.COM | Sleman – Hujan yang semula gerimis menjadi agak deras tak menyurutkan semangat kelompok Teater Mlati untuk tetap melanjutkan pementasannya di panggung terbuka dan pelataran Kapanewon Mlati Kabupaten Sleman yang sedang menggelar Pekan Festival Budaya Kapanewon Mlati 9 – 16 Oktober 2022.

Kelompok teater yang belum lama terbentuk ini mempersembahkan lakon “SENGKALA”.
Menggambarkan kehidupan keluarga petani sederhana yang terpaksa kehilangan putranya di tengah pandemi Covid ’19 yang tengah melanda.

Penggalan kisah yang bermula di gardu ronda dimana ada sekelompok anak-anak muda yang sedang nongkrong sambil bermain gitar, ngobrol, nyanyi-nyanyi meski sebenarnya ada himbauan dari pemerintah karena pandemi covid ’19 tengah melanda untuk menghindari kerumunan, menciptakan pola hidup bersih sehat supaya terhindar dari hal-hal yang tak mengenakkan akibat lalai apalagi abai.

Para pemain yang kebanyakan masih pemula berusaha maksimal menampilkan terbaik kelompok mereka lewat penyajian naskah sutradara.

Ndaru Murdopo selalu memotifasi dengan baik dan intens kepada seluruh anggota kelompok teater Mlati. Kebersamaan mereka patut diapresiasi.

Tak sia-sia Drs.Arifin, M.Laws selaku Panewu Mlati memberi ruang, waktu dan kesempatan mereka untuk berekspresi.
Juara harapan 2 festival Teater Kabupaten Sleman tahun 2022 ini selalu termotifasi untuk lebih giat berlatih dan mendalami dunia panggung.

Dan benar. Pethak, anak petani tiba-tiba tidak enak badan dan terpaksa harus dirawat di rumah sakit. Sayang jiwanya tak tertolong.

Banyak teladan yang bisa di ambil dari kisah drama yang berdurasi kurang lebih 40 menit ini. Manfaat positif ada pesan yang ingin disampaikan oleh penulis naskah Surahman dan sutradara Ndaru Murdopo lewat dialog dan penampilan personil pemain teater Mlati.

Mereka yang muda kelompok Teater Mlati yang berkesempatan untuk menyajikan terbaik menampilkan drama “SENGKALA” pada acara Festival Budaya Kapanewon Mlati. Rabu, 12 Oktober 2022 di Panggung Kesenian Kapanewon Mlati.
( Runtik )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *