Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"

Menghadirkan Perspektif Baru di Dunia Konstruksi Indonesia, Webinar Internasional Building Information Modelling Departemen Teknik Sipil SV UGM

WARTA JOGJA | YOGYAKARTA — ( Sabtu, 07 November 2020 ), Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan webinar internasional pembahasan mengenai Building Information Modelling dengan 3 pembicara dari 2 negara.
Webinar Internasional ini dimulai dengan pembicara pertama yaitu Ir. Nicodemus Daud M.Si (Direktur Pengembangan Kelembagaan Sumber Daya Jasa Konstruksi; Direktorat Jendral Bina Konstruksi Kementrian Umum), dilanjut dengan pembicara kedua, Mr. Arif Rahman ( PT Pembangunan Perumahan) dan pembicara terakhir Mr. Ramon Steins (Head of Sales Enablement, Allplan Germany).

Foto: Ir. Nicodemus Daud, M. Si (Indonesia)
Agenda webinar internasional yang didukung oleh Program Studi D4 Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Pelaksanaan Bangunan Sipil ini, terintegrasi dengan rangkaian agenda Dies Natalis Sekolah Vokasi UGM ke-11 dan agenda Pekan Konstruksi Digital 4th Civil Creative and Action dari Keluarga Mahasiswa Departemen Teknik Sipil SV UGM. Webinar internasional ini mengangkat tema “BIM for a Higher Efficiency of Construction in Digital Edge”.
Latar belakang diselenggarakan webinar ini adalah kondisi pembangunan infrastruktur di Indonesia yang sempat terganggu akibat pandemi COVID-19, bahkan berdampak kepada dunia. Selain itu, adanya berbagai tantangan yang dihadapi dunia konstruksi, seperti waktu yang terbatas, kemampuan pekerja yang harus ditingkatkan lagi, dan adanya aplikasi atau metode konstruksi yang belum memberikan informasi lengkap kepada masyarakat umum.

Foto: Arief Rahman (PT Pembangunan Perumahan, Indonesia)
Untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut, dilakukan pendekatan multidisiplin, terintegrasi dan pengenalan Building Information Modelling secara bertahap dan berkelanjutan kepada masyarakat umum, sehingga pembangunan infrastuktur terutama jasa konstruksi mampu memperkecil kesalahan dalam konstruksi melalui pemodelan infrastruktur, input data pekerjaan yang benar, input sejarah infrastruktur, dan perubahan-perubahan proyek pekerjaan secara fleksibel. Building Information Modelling menjadi opsi terbaik dalam dunia industri karena berisikan semua data dan informasi tentang objek sebenarnya dari model tersebut. BIM juga dapat beradaptasi dengan peraturan-peraturan yang berlaku di Indonesia.

Foto: Mr. Ramon Steins (Allplan Jerman)
Acara ini mendapatkan sambutan positif dari semua kalangan, dimulai dari mahasiswa, akademisi, konsultan, praktisi industri, dan masyarakat umum. Antusiasme masyarakat terlihat dari jumlah peserta pendaftar mencapai 903 orang dan 1000 viewers live streaming youtube Webinar Internasional Building Information Modeling di channel youtube Sekolah Vokasi UGM.

Foto: Sesi Foto Bersama
Dr. Eng., Wakhidatik Nurfaida, ketua acara tim dosen, menyampaikan Departemen Teknk Sipil Sekolah Vokasi UGM ingin membuka peluang kolaborasi terutama di bidang Building Information Modelling melalui Center of Excellent Smart and Green Building yang akan di kembangkan di TILC SV UGM.
Putri Ayu Mentari, koordinator acara Pekan Konstruksi Digital tim mahasiswa webinar ini manambahkan bahwa webinar internasional ini merupakan sebuah pencapaian mahasiswa Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM dalam mengimplementasikan pembelajaran perkuliahan dan dapat mengundang pembicara pembicara hebat di bidang BIM.
Estu Wijayanti, ketua Civil Creative and Action 2020 berharap agenda ini mendorong terciptanya media dialog dan diskusi bagi kalangan akademisi dan praktisi dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan mengenai ketekniksipilan, serta kegiatan dapat menumbuhkan inovasi ketekniksipilan yang bermanfaat.
Teguh Sudibyo, S.T., M.T., Ph.D, moderator dan dosen Departemen Teknik Sipil SV UGM berharap agenda ini akan berdampak positif bagi semua kalangan dan bentuk-bentuk kerjasama harus terus ditingkatkan.
Melalui webinar ini diharapkan terjadinya percepatan pekerjaan di bidang konstruksi dengan adanya implementasi BIM, sehingga pembangunan infrastruktur di dunia, khususnya Indonesia semakin efisien dan efektif, serta siap bergerak menuju industri 5.0 berbasis digital.

WJ / Redaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *