Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"
 

Menhan Prabowo Subianto Meninjau Pemasangan Pipa Air Bersih di Kalurahan Banyusuco Playen Gunungkidul

GUNUNGKIDUL || WARTA-JOGJA.COM – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, didampingi Bupati Gunungkidul, meninjau langsung pemasangan pipa air bersih di Kelurahan Banyusoco, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Senin (3/6/2024).

Kunjungan presiden terpilih 2024 ini mendapatkan sambutan yang hangat dari masyarakat. Menhan melaksanakan kunjungan kerja di Gunungkidul menggunakan helikopter dan landing di lapangan sepakbola tidak jauh dari lokasi acara.

Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza mengatakan, pipanisasi yang akan digunakan untuk pengairan baru saja selesai dikerjakan. Air bersih tersebut salah satunya untuk membantu pengairan pertanian warga.

“Setahun kita harapkan dapat panen dua kali. Bantuan tersebut berasal dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,” katanya.

Jonni juga mengatakan, program ini merupakan hasil penelitian dan eksplorasi yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Air Universitas Pertahanan (Unhan) sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat mereka. 

“Bantuan ini akan dimanfaatkan oleh 1.500 kepala keluarga (KK),” paparnya.

Pihaknya juga mengatakan, Selama tahun 2023, Satgas Air Unhan telah menemukan sumber air dan membangun instalasi air bersih di lebih dari 130 lokasi yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Bantuan ini berhasil kita berikan salah satunya di Nusa Tenggara Barat (NTB), Yogjakarta, Jawa Barat, Maluku Barat Daya, dan Banten,” terang Jonni.

Usai menerima pemaparan dari Rektor Unhan, Prabowo menyempatkan diri melihat langsung pemanfaatan air yang tidak jauh dari lokasi. Mantan Pangkostrad itu juga mengajak lurah atau kepala desa Banyusoca memanfaatkan bantuan yang ada.

“Saya titip pesan, segala sarana, prasarana, yang sudah dibantu, diberikan itu, dijaga, dirawat supaya kegunaannya, manfaatnya, lebih lama,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaikan terimakasih kepada Kementrian Pertahanan yang telah membantu petani di Gunungkidul mendapatkan air dengan mudah.

“Beliau sudah membantu masalah air di Gunungkidul, mulai air untuk minum hingga pertanian. Dan kedepannya juga akan di bangun 15 titik lagi di Gunungkidul ini.” Ungkapnya.

Lurah Banyusoco Daman Huri mengucapkan terimakasih keharian Menhan Prabowo Subianto telah meluangkan wakatunya melakukan kunjungan kroscek pembangunan pengairan di Banyusuco ini menyarap anggaran sebesar Rp 8 Miliyar.

“Dana sebesar itu digunakan untuk pipanisasi, tampungan air serta pengeboran.” Ucapnya.

Dirinya berharap dengan adanya bantuan pengairan di wilayah Kalurahan Banyusuco tersebut, para petani dapat panen 3 kali selama 1 tahun.

“Di Gunungkidul ini sebenarnya banyak air di bawah tanah. Dengan sistem seperti ini, saya yakin warga masyarakat tidak akan kesulitan air untuk kebutuhan sehari – hari dan pertanian.” Imbuhnya.

Acara peresmian ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting, di antaranya Rektor Unhan Letjen TNI Jonni Mahroza; Dekan Fakultas Logistik Militer Unhan Laksma TNI Agus Adrianto; Kepala Biro Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas Unhan Marsma TNI E. Soni Astaryadi; serta Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

(Red/Mawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *