Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"
 

Pemerintah Kalurahan Purwodadi Dengan Serius Gencar Melakukan Pencegahan Stunting

TEPUS – GUNUNGKIDUL  || WARTA-JOGJA.COM  – Pemerintah Kalurahan Purwodadi, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul dengan serius mendukung dan secara gencar program pencegahan stunting yang dipublikasikan oleh Dinas Kesehatan D.I.Yogyakarta melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul sampai ke Puskesmas dan disetiap Posyandu Padukuhan.

Lurah Purwodadi Sagiyanto, S.I.P., menjelaskan aksi serentak bersama pencegahan stunting melalui pendataan, penimbangan, edukasi, validasi, dan intervensi bagi seluruh ibu hamil, balita, dan catin secara berkelanjutan.

“Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) menjadi sarana utama dalam upaya pencegahan stunting ini. Pada awal bulan Juni 2024, akan dilakukan pengukuran serentak di Posyandu dengan kegiatan penimbangan dan pengukuran. Kegiatan ini merupakan langkah awal dalam mendeteksi risiko stunting serta memberikan penanganan dini bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelasnya,Kamis (06/06/2024).

Dijelaskan lebih lanjut gerakan serentak ini sesuai Surat Edaran dari Bupati Gunungkidul dalam pencegahan dan penangan stunting,ia menghimbau untuk keterlibatan semuanya mulai dari Pemerintah Kalurahan, Pamong termasuk dukuh yang menjadj pemangku wilayah, lembaga, kelompok yang sudah ada termasuk kader KB, kader kesehatan, kader yandu, dan semua tokoh yg ada untuk bersama sama melakukan intervensi pencegahan dan penanganan stunting.

“Penangan stunting melalui pendataan di lanjutkan action di balai Padukuhan melalui Posyandu pada sasaran, yaitu pada balita, ibu hamil, dan calon manten , terlebih kepada Puskesmas,Kader Yandu, TPK, kader KB, TPPS  yg membidangi harus gerak cepat, aksi serius,” tegasnya.

Pencegahan stunting  melalui Posyandu secara serentak diawal bulan Juni ini akan dilaksanakan secara terkoordinir oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas di tiap Posyandu. Jadwal pelaksanaan Posyandu akan ditentukan bersama dan diinformasikan kepada masyarakat oleh para kader.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Kalurahan Purwodadi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Posyandu bulan ini guna mendukung upaya pencegahan stunting di lingkungan kita,” imbuhnya.

Melihat dari himbauan yang tercetak di banner dan informasi melalui via aplikasi WhatsApp  kegiatan jadwal aksi pencegahan stunting melalui Posyandu se-Kalurahan Purwodadi sebagai berikut : Hari Rabu 05 Juni 2024 Pukul 10.00 WIB sampai selesai di Padukuhan Sureng I, Sambi, Sureng II, Gesing I, Gesing II, dan Cakbohol.

Hari Kamis, 06 Juni 2024 Pukul 10.00 WIB sampai selesai di Pringsanggar, Kotekan, Danggolo, Luwengombo, Winangun, Jati dan hari Jum’at, 07 Juni 2024 Pukul 10.00 WIB sampai selesai di Padukuhan Ngandong, Duwet, Cepogo, Wuluh, Ngande-ande, Gerotan, Jimatan.Hari Sabtu, 08 Juni 2024 Pukul 10.00 WIB sampai selesai di Padukuhan Brongkol dan Kenis. (Red/Mawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *