Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"

Penyuluh Agama Islam KUA Kapanewon Sewon Gelar Rashdul Kiblat

WARTA JOGJA | Bantul – Keberadaan fenomena alam berupa matahari melintas tepat di atas Ka’bah pada tanggal 15-16 Juli 2021 jam 16,27 WIB. Hal ini, sebagai momen bagi umat Islam memverikasi arah kiblatnya, “Dalam rangka dukungan percepatan Revitalisasi KUA, WBBM serta Surat Edaran Menteri Agama No. 19. Maka, Kita menugaskan kepada para Penyuluh Agama Islam KUA Kapanewon Sewon Bantul baik Fungsional maupun Non PNS untuk melakukan pengukuran arah kiblat atau Rashdul Kiblat dan sekaligus melakukan monev kepada Masjid atau Mushola prihal peristiwa Istiwa Azam tersebut. Jelas Kepala KUA Sewon, Asrori, SH.

Sementara, Penyuluh agama Islam Non PNS, Rustam Nawawi Pelaco, menyampaikan, “kita mendapat tugas melaksanakan Roshdul Qiblat dari Kepala KUA Sewon, Asrori, SH. Pelaksanaan pengukuran arah kiblat tanggal 16 Juli 2021 kemarin bertempat di Musholla Musholatul Hidayah dengan ketua takmir Slamet Syamsudin.” Sebelum ke lokasi kita bersama team dari Pengurus Anak Ranting NU Padukuhan Dobalan, Muhammad Jayir dan Priyo Sudarmo mengecek persiapan alat perlengkapan di Griya Bimbel Nurus Jokerten, Gg Kyai Jokerti No 2. Terangnya, Sabtu, 17 Juli 2021.

Lebih lanjut, dalam proses pengukuran terlebih dahulu menetukan lokasi yang dapat terkena sinar matahari langsung, kemudian meletakkan tangga manten agar mudah diberikan lot atau bandul di atas permukaan yang datar. Sehingga, dapat menghasilkan bayang-bayang benda tegak lurus yang mengarah ke ka’bah dan dibantu aplikasi Arah Kiblat dan kamera peta GPS agar hasilnya lebih meyakinkan.

“Kita berharap hasil pengukuran arah kiblat bersama team PARNU Dobalan yang disaksikan oleh Takmir dan Warga Jokerten RT 06 dan RT 07 ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya oleh takmir dan semoga menambah sempurnanya ibadah bagi jama’ah, aamiin. Harapnya.
Reperter: Rus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *