Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"

Seminar dan Pelatihan Da’i Nasional, Rustam Nawawi, M.Pd: Da’i Mampu Menyesuaikan Gaya Bahasa Dengan Audiennya

WARTA JOGJA | Bantul- Korps Dakwah (KORDA) Mahasiswa IIQ An Nur menggelar acara Seminar dan Pelatihan Da’i Nasional, temanya, “Aktualisasi Gerakan Dakwah di Era Milenial menuju Islam Rahmatan lil ‘Alamin.”

Asep Naparil, selaku ketua KORDA menambahkan “bahwa acara ini merupakan salah satu program kerja yang harus dilakukan, karena penting untuk melatih Da’i milenial agar menjadi lebih profesional dalam bercakap dan lebih berwawasan mengenai peta gerakan dakwah, tantangan dan strategi dakwah yang harus dilakukan pada masa ini”, paparnya, Kamis, 13/01/2022.

Seminar Nasional ini dipandu Yudi Supriyadi menghadirkan dua narasumber yakni Khoyrul Anwar, selaku Ketua Perkaderan PP IPNU dan Ustadz Rustam Nawawi, M.Pd., merupakan tokoh pendiri KORDA IIQ An Nur Yogyakarta yang juga Peserta Bimtek Penyuluh Pendamping KUA Terbaik Nasional Ekonomi Umat 2021.

Ustadz Rustam Nawawi, M.Pd. memaparkan materi terkait retorika dakwah dan memberi wawasan paradigma strategi dakwah Aswaja atau moderasi beragama dan memperhatikan nilai-nilai filosofis budaya Nusantara. ” Kita sebagai Da’i diharapkan mampu beradaptasi di lapangan saat berbicara didepan publik, maka dalam menyampaikan dakwah, da’i harus bisa menyesuaikan gaya bahasanya dengan audiens. Terang Dosen STEBI Al Muhsin Yogyakarta itu.

Lebih lanjut, Ustadz Rustam juga mengajak para peserta seminar dan pelatihan da’i nasional untuk praktik membuat materi sederhana sesuai bidangnya. Kemudian, peserta praktek menerapkan materi Strategi Retorika Dakwah dengan menyampaikan secara langsung di depan peserta lain.

” Kita berharap peserta melakukan latihan membuat naskah dan berbicara didepan teman-teman ini dapat
melatih mental dan publik speaking. Sehingga nanti lebih percaya diri, terlatih, memiliki persiapan sebelum tampil dan bahkan lebih profesional, kapanpun dan di manapun dibutuhkan masyarakat meraih sudah siap memberikan pencerahan. Jelas pengasuh BIMBEL Nurus Jokerten Gang Kyai Jokerti No 20 Timbulharjo Sewon. Seminar dan pelatihan diikuti sekitar 30 peserta dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.
(Rtm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *