Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya" Selamat Datang Di Portal Berita Online Warta Jogja "Santun Dan Berbudaya"

Sinau Tata Nilai Budaya Jawa

WARTA JOGJA | Sleman, Kegiatan pemuda di Kabupaten Sleman yang dipersatukan dalam wadah organisasi Karang Taruna selama 3 (tiga) hari (11,12,13 Nopember 2021) mengadakan kegiatan Sarasehan Sinau Tata Nilai Budaya Jawa, Berlangsung di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sleman.

Beberapa Nara Sumber yang tidak asing lagi dihadirkan dalam acara tersebut, diantaranya Noor Faisal, KMT. Projosuwasono, Yuana Agus Dirgantara, M.Pd, Angger Sukisno, H.Y. Aji Wulantoro, SH, M.Hum, Pamberat Rudatin Runtik, S.Sn.

Materi yang disampaikan diantaranya Tata Bahasa dan Tata Krama, Mengenal Busana Jawa Gagrag Ngayogyakarta, Daur Hidup (Kelahiran, Perkawinan, Kematian).

Acara ini diprakarsai oleh Dinas Sosial Kabupaten Sleman dengan harapan generasi muda Kabupaten Sleman melalui Karang Tarung lebih mengenal dan mencintai Budaya Jawa untuk selanjutnya mampu melestarikan dengan cara salah satunya mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Meski dua hari cuaca agak tidak bersahabat karena diguyur hujan, tetapi antusaias peserta patut diapresiasi.

Novendra Jordan, salah satu Pengurus Karang Taruna bidang Budaya dan Keistimewaan merasa bangga dengan terlaksananya acara sarasehan tersebut. Hal ini atas bantuan dan dukungan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Dalam hal ini saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sleman, Ibu Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, Kepla Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Bapak Drs. Eko Suhargono, Ketua Karang Taruna Kabupaten Sleman, Samirin, seluruh rekan Karang Taruna se Kabupaten Sleman, panitia dan semua nara sumber. Berkat dukungan Beliau Beliau acara ini berlangsung lancar.

Upaya yang dilakukan oleh panitia dengan mengadakan acara tersebut disambut baik oleh oleh peserta maupun nara sumber terbukti dengan jumlah kehadiran peserta dan nara sumber sesuai harapan.

Budaya Jawa, khususnya di Yogyakarta kaya dengan adat tradisi, tata bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari juga tata nilai sendiri terkait dengan tata krama. Demikian pula dengan taca cara berbusana Kejawen terutama untuk busana pasangan pengantin di pelaminan, keluarga dan pendukungnya.

Hampir seluruh tata nilai budaya Jawa disajikan oleh Nara Sumber untuk peserta. Dari dalam kandungan Budaya Jawa sudah ada tata upacara tertentu mulai lahir, dewasa, menikah hingga meninggal ada acara-acara yang digelar untuk permohonan keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selamat di dunia hingga akherat nantinya dengan sarana dan prasarana tertentu yang secara turun tumurun sudah diwariskan dari leluhur, nenek moyang yang baik untuk dilestarikan oleh generasi muda dan generasi penerusnya sebagai warisan budaya.
WJ : Run

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *